Monday, April 24, 2017

Book Review: Fatima's Good Fortune



Judul : Fatima's Good Fortune
Penulis : Joanne & Gerry Dryansky
Bahasa : Indonesia
Penerbit : Matahati
Tebal : 375 halaman
Cetakan : Maret 2011

Saya mendapatkan buku ini dari lelang Blog Buku Indonesia (lupa kapan persisnya, udah lama banget kayanya sih). Walaupun kertas bukunya menguning dan sedikit bernoda, tapi saya merasa beruntung sekali bisa mendapatkan (dan akhirnya menyelesaikan) buku ini. 

Tadinya saya kira (dan banyak orang lain juga mengira hal yang sama - kalau melihat reviewnya di Goodreads) buku ini termasuk kategori chicklit yang ringan-ringan bikin hepi begitulah, ternyata ceritanya jauh lebih kaya. Fatima's Good Fortune bercerita tentang Fatima dari Djerba di Tunisia yang selalu memiliki nasib tak beruntung, datang ke Paris untuk bekerja kepada Countess menggantikan adiknya yang tewas akibat kecelakaan tertimpa atap gedung apartemen Countess. Tidak seperti Rachida sang adik yang cantik, pandai, dan modis; Fatima lebih konservatif, tak dapat membaca, tak memiliki dokumen imigran resmi, datang ke gemerlap kota cahaya Paris memakai djellaba (jubah tradisional Afrika) berwarna cerah yang mencolok. 





Karakter dalam buku ini banyak, walaupun agak susah menelan semua nyaris sekaligus di awal cerita, namun para karakter berhasil berinteraksi dengan porsinya masing-masing dan menyatu dalam cerita. Buku ini terutama menceritakan perjalanan Fatima yang datang sebagai orang asing yang terasing dari segala hal di kota tujuannya. Ia memiliki satu tekad: mengumpulkan uang untuk pergi ke Wisconsin dan menyelesaikan urusan masa lalu yang mengikatnya. Namun kemudian secara perlahan Fatima menjadi bagian dari Paris, dan Paris menjadi bagian dari dirinya, bersama orang-orangnya. 


Proses perjalanan Fatima menemukan jalan hidupnya di Paris melibatkan banyak hal yang masih relevan dengan berbagai isu saat ini. Fatima bersahabat dengan tetangga apartemennya yang gay, kemudian secara perlahan memangkas jarak strata sosial antara Countess yang bangsawan dan Fatima yang pembantu dari ras dan bangsa yang masih dianggap tidak setara. Karena suatu insiden yang buruk, Fatima juga berkawan dengan Hyppolite Suget yang terperangkap dalam hidupnya dulu dan hidupnya yang sekarang, tanpa bisa bergerak maju. Ia belajar membaca, bahkan memperbaiki penampilan. Fatima yang memiliki ikatan dengan masa lalu kemudian memutuskan untuk melakukan hal yang menyimpang dari tujuan utamanya datang ke Paris. Kemudian ia jatuh cinta.

Banyak hal dalam buku ini diselesaikan baik sengaja maupun tidak melalui keluguan, kebaikan hati dan kesabaran Fatima. Rasa-rasanya kok susah ya, di masa kini, menemukan orang seperti Fatima. Saya sendiri bahkan nggak bisa membayangkan punya sifat seperti itu :D Sabarnya kok ya luar biasa :D Tapi kesabaran itu tidak menjadi hal yang aneh dalam buku ini. Kehidupan Fatima telah menempanya menjadi sosok yang demikian.

Novel ini menggambarkan lokasi setting cerita dengan detail, rasanya seperti datang berkunjung jalan-jalan ke Paris, Djerba, Goutte d'Or, dan ke kastil Countess di pedesaan Branchevieille. Bahkan saya bisa membayangkan duduk ngopi-ngopi di Cafe Jean Valjean di Avenue Victor Hugo, tempat banyak karakter dalam buku ini bertemu dan berinteraksi. Untuk yang suka makanan, buku ini bahkan cukup banyak menceritakan makanan Perancis dan Arab. Lumayan banyak sesi yang sukses membuat saya lapar :D

Buku ini memberikan rasa hangat di hati, rasa bersyukur bahwa masih banyak hal-hal baik bisa kita jumpai dalam kehidupan. Juga rasa optimis bahwa selama kita berusaha, akan selalu ada jalan. Empat bintang untuk buku ini. 


post signature

Saturday, August 20, 2016

Book Review : Ensiklopedia Junior Transportasi



Judul : Ensiklopedia Junior Transportasi
Penyusun : Emilie Beaumont dan Marie-Renee Guilloret
Bahasa : Indonesia
Penerbit : Bhuana Ilmu Populer
Tebal : 125 halaman

Sudah lama saya ingin membuat review buku anak, terutama buku-buku yang dibaca oleh anak saya. Review kali ini adalah tentang Ensiklopedia Junior Transportasi, ensiklopedia pertama yang saya beli untuk anak saya dan karena ia suka maka saya kemudian memutuskan untuk mengoleksi berbagai seri ensiklopedia junior.

Ensiklopedia Junior Transportasi ini berisi tentang sejarah transportasi yang dibagi ke dalam tiga kelompok yaitu Transportasi Darat, Transportasi Laut dan Transportasi Udara. Setiap bagian menceritakan sejarah masing-masing jenis transportasi. Contohnya di bagian Transportasi Darat, diceritakan bagaimana manusia prasejarah mengangkut hewan-hewan hasil buruan dengan menjinjing atau memikil, kemudian menemukan cara untuk menggunakan tandu. Juga diceritakan bagaimana tradisi pengangkutan di berbagai belahan dunia. Penemuan roda pada tahun 3000 SM yang mengubah sejarah alat angkutan darat turut dijelaskan.



Salah satu halaman dalam bagian Transportasi Darat

Pada bagian Transportasi Darat ini, favorit anak saya adalah kereta. Berbagai jenis kereta yang ditunjukkan dalam gambar menarik minat anak saya, apalagi kereta adalah transportasi favoritnya untuk mudik. Anak saya jadi belajar tentang berbagai jenis cheroot di berbagai belahan dunia dari masa ke masa, sampai-sampai ia menggambar Shinkansen (kereta cepat Jepang) yang dibacanya di ensiklopedia ini :)

Berbagai jenis lokomotif listrik, salah satu halaman favorit anak saya :)


Shinkansen hasil gambar anak saya setelah membaca artikel tentang kereta tersebut


Pada bagian Transportasi Laut, diceritakan bagaimana pada zaman prasejarah manusia mulai membuat kapal-kapal pertama. Pengetahuan yang berkembang kemudian membuat manusia menemukan cara-cara yang mempermudah cara mereka bergerak dan mengangkut di perairan. Dibahas juga kapal-kapal khas berbagai bangsa yang terkenal pada masa kejayaannya, seperti kapal Pinisi, kapal perang Romawi, dan kapal Bangsa Viking. Saya pun jadi tahu jenis kapal yang dipakai oleh para penjelajah penemu benua seperti Christoper Columbus.

Kapal bangsa viking yang tersohor itu


Yang terakhir yaitu bagian Transportasi Udara juga menjelaskan dengan cukup detail tentang bagaimana manusia melakukan percobaan terbangnya yang pertama, sampai kemudian berhasil menerbangkan pesawat udara pertama, lalu pesawat jet. Berbagai jenis pesawat sampai roket dan ulang-alik dibahas di sini. Favorit anak saya adalah Concorde, yang katanya "Hidungnya bisa menunduk lho Bunda kalau dia mau mendarat."



Concorde dan "hidung"nya yang bisa naik dan turun :D

Di sini Indonesia muncul di bagian Transportasi Darat dengan ciri khas dengan ciri khas para perempuan membawa keranjang di atas kepala. Lumayan bangga karena berarti tradisinya diakui dunia ya :D Ada juga bagian tentang kapal pinisi, setahu saya kapal pinisi berasal dari Bugis tapi dalam ensiklopedia ini nama Bugis tidak disebutkan.

Secara umum ensiklopedia ini menurut saya bagus untuk dikoleksi anak, gambarnya bagus dan jelas, layoutnya juga mudah dibaca, tulisannya cukup besar. Detail penjelasan tidak terlalu rinci sehingga anak-anak mudah memahami karena bahasanya cukup sederhana. Apa yang dijelaskan dalam ensiklopedia ini juga bisa menjadi bahan diskusi orang tua dan anak. Intinya recommended lah. Empat bintang untuk Ensiklopedia Junior Transportasi. :)


post signature

Thursday, March 17, 2016

BBI Event : MARKITUKA JABO

EVENT MARKITUKA


Blogger Buku Indonesia (BBI), komunitas tempat saya yang reviewer malas bin abal-abal ini bergabung (dibandingkan dengan teman-teman anggota lain yang baik jumlah dan jenis buku maupun keaktifan dan kualitas mereview bacaannya bikin rahang mau coplok karena terpesona), adalah komunitas luar biasa dengan para pecinta buku yang luar biasa, dan saya merasa sangat bersyukur menjadi bagian darinya. Sebagai sebuah komunitas, BBI punya banyaaaaak sekali event. Dan sebagai anggota, saya belum pernah sekalipun mengikuti event-eventnya, walaupun udah setahun resmi diterima sebagai member *ditabok divisi event bolak-balik*. Yaaa habis gimana, yaaa yaaaa yaaaaa… ya ini ya anu ya itu. Kebanyakan alasan, intinya sok menyibukkan diri, padahal ya nggak sibuk-sibuk amat *ditabok lagi*. -__-



Blogger Buku Indonesia


Tapi waktu kemarin grup anggota BBI regional Jabodetabek dengan icon group WA Bajaj Jabo bikin event (kenapa Bajaj? Ngga tau juga persisnya gimana, pokoknya pas saya masuk udah itu aja icon-nya. Katanya sih karena obrolannya suka ngalor ngidul lompat-lompat gak karuan. Mirip Bajaj yang lagi jalan di jalanan Jakarta, yang belok kanan kiri nyelip atau ngepot sesukanya sendiri.) saya daftar ikutan. 


Kenapa daftar? Soalnya (1) Ini group favorit saya yang arus informasinya paling cepat bahkan kadang lebih cepat dari detikcom hahaha, buat saya yang jarang baca berita ini membantu banget menurunkan level kudet saya. (2) Anggotanya seruuu… hahaha, dan pendapatnya beragam, heterogen banget tapi rukun dan kompak selalu. Gak ada tuh ribut-ribut di group cuma karena beda pandangan. Beda banget ama group sebelah (yang bikin dilema, tetep di dalem bikin bete, mau keluar gak bisa karena butuh, hiks. Lha malah curcol.) (3) Event-nya juga seruuuu… dan gak wajib bikin review --> RT sejuta, yang mana buat mak-mak-sok-ngaku-sibuk-padahal-enggak ini adalah suatu berkah. :D :D :D

Jadiii, saya ikut deh. Event-nya namanya MARKITUKA JABO (Mari Kita Tukar Kado Jabo).

Saya copas aja penjelasan event-nya dari forum BBI yaa :

--------------


MARKITUKA JABO

(mari kita tukar kado jabo)

Haaiii...jadi sesuai judul, BBI cabang jabodetabek berencana bikin event tukar kado antar kita aja. Yaa semacam event Secret Santa yang kemarin dibikin sama div event. Tapi ini versi kecil-kecilan dan lebih santai.

Q : Ada riddlenya juga? 
A : Jelas ada doong. Tapi riddle gak usah yang njelimet. Karena tujuannya ya bersenang-senang aja

Q : Wajib review buku yang diterima?
A : Nah...kalo yang ini sih nggak. Cuma wajib post riddle dan nebak si Giver (pemberi) di grup BBI Jabo.

Budget : maksimal 150k
Wishlist : Bikin rak goodreads berjudul markituka atau bikin post di blog. Link wishlist bisa post di thread ini
Bikin wishlist : maksimal 28 feb. Di atas 28 feb gak boleh berubah lagi
Kirim kado : 1 - 25 maret
Giver ngaku : 31 maret
Kalo udah bisa nebak sebelum 31 sih tebak aja langsung.


Riddle dan tebakan langsung post di sini ato di grup WA BBI Jabo aja

Nah begitulah temans, markituka Jabo.

--------------

WISHLIST

Paling semangat adalah bikin wishlist, soalnya ini semacam mau dikasi kado tapi kadonya boleh minta apa aja, gimana nggak semangat? :D Untuk Giver nan baik hati, saya mengupdate wishlist di rak Markituka Goodreads, isi wishlist saya adalah :


Last Forever Windry Ramadhina

1. Last Forever. Saya suka tulisan Windry Ramadhina. Setelah membaca Walking After You, saya jadi ingin membaca tulisan Windry yang lainnya. Buku terbaru Windry ini menjadi salah satu wishlist saya.



2. Cafe Waiting Love. Ah.. Saya suka cerita tentang cafe, makanan, apalagi ditambah ada nuansa romance-nya. Apa yang kurang, coba? Buku Giddens Ko, penulis asal Taiwan ini adalah terbitan Haru pertama yang ingin saya baca. Rasanya cocok untuk menemani duduk-duduk santai di waktu senggang.



3. Sang Juragan Teh. Kalau yang ini adalah buku karangan penulis Belanda yang mengambil setting perkebunan the Priangan di masa kolonial. Settingnya adalah alasan ketertarikan saya terhadap buku ini, saya ingin membaca cerita dengan suasana Indonesia tempo dulu.


MISTERI SANG GIVER

Setelah daftar final wishlist diumumkan, dan periode kirim-kirim kado dimulai, tidak berapa lama datanglah paket dari Giver nan baik hatiiii… 



Beneran baik hatiiii banget ini Giver. Paket dikirim dengan nama Harry Potter sebagai pengirim. 

Isi paketnya adalah :
1. Buku Last Forever (wishlist #1)
2. Buku Sang Juragan Teh (wishlist #3)
3. Kartu ucapan dengan aplikasi kain berbentuk teko dan cangkir teh, lucu banget kartunya, anak saya suka banget sama kartu ini, kartunya dibawa kemana-mana sampai tidur aja ditaroh di sebelahnya :D
4. Satu pak minuman serbuk cokelat hazelnut (yang enyak banget), milk tea, dan coffee mix.
5. Benang sulam warna hijau dan cokelat.
6. Riddle.

Riddlenya (karena fotonya kekecilan) saya tulis ulang yaa :

--------------
Jawablah setiap pertanyaan dengan benar dan urut, maka kau akan mendapatkan petunjuk siapa aku.

Siapakah nama 3 tokoh di bawah ini :
  1. Dia adalah laki-laki serius dan sinis dari sebuah serial novel terkenal tentang sekolah sihir dan anak lelaki yang bertahan hidup. Mula-mula pembaca membencinya namun pada akhirnya para pembaca justru akan kasihan dan kagum padanya karena kesetiaan cintanya pada satu wanita yang tak lekang oleh waktu dan status. Siapakah nama lelaki ini?
  2. Dia adalah perempuan cerdas dengan pemikiran feminis pada zamannya. Anak ke-2 dari 5 bersaudara seorang pemilik tanah. Sifatnya menarik perhatian seorang gentleman Inggris kaya raya yang angkuh. Hubungan mereka mempunyai banyak masalah pada awalnya akibat keangkuhan sifat mereka masing-masing dan banyaknya prasangka. Siapakah nama perempuan ini?
  3. Dia adalah seorang lelaki tua berhati dingin dan pelit. Pada suatu malam natal, ia didatangi 3 arwah yang mewakili 3 masa. Kedatangan 3 arwah tersebut membuat sifat lelaki tua ini berubah menjadi hangat dan murah hati. Siapakah lelaki tua ini
Sebutkan 3 nama pengarang di bawah ini :

  1. Dia penulis asal Amerika. Tokoh novel thrillernya yang paling terkenal adalah seorang pembunuh sosiopath berinisial HL yang bahkan dinobatkan sebagai salah satu karakter villain paling populer yang pernah ada dan sudah sering difilmkan.
  2. Dia penulis lokal yang bukunya populer di tahun 90-an. Salah satu tokoh ciptaannya adalah seorang pelajar yang juga merangkap wartawan yang mempunyai nama mirip dengan nama suatu jenis penyakit.
  3. Dia penulis buku anak-anak populer asal Inggris. Kisahnya banyak tentang petualangan dan misteri. Mulai dari buku untuk anak-anak TK hingga untuk remaja seperti cerita-cerita seputar asrama. Seri bukunya banyak yang memakai angka.
Sebutkan 5 judul buku di bawah ini :

  1. Judul seri kedua dari trilogi dystopia populer tentang sebuah arena di mana anak-anak saling membunuh.
  2. Judul buku dan juga nama seri yang berkisah mengenai seorang suster dari era perang dunia 2 yang berkelana ke masa lalu saat Inggris berperang dengan Skotlandia. Seri ini sudah diangkat menjadi serial TV.
  3. Judul sebuah buku yang hanya terdiri dari 1 huruf, yang filmnya baru-baru ini memenangkan penghargaan paling bergengsi untuk dunia perfilman pada kategori pemeran wanita terbaik.
  4. Judul buku psikologis thriller tentang sepasang suami istri yang saling membenci, di mana si istri tiba-tiba menghilang dan semua tuduhan mengarah ke suaminya. Buku ini juga telah diangkat ke film pada tahun 2014.
  5. Judul buku yang juga nama suatu penjara dalam buku young adult bergenre fantasi yang pernah diterbitkan oleh Matahati.


Pastikan kamu memberi ruang antara para tokoh fiktif, para penulis dan para judul buku untuk mendapat petunjuk kunci berikutnya. ^_^

--------------

Setelah berpikir keras memberdayakan anak-anak Jabo :D maka diperoleh jawaban riddle sebagai berikut :

Tokoh :


  1. Severus Snape
  2. Elizabeth Bennet
  3. Ebenezer Scrooge

Pengarang :

  1. Thomas Harris
  2. Hilman
  3. Enyd Blyton

Judul Buku :


  1. Catching Fire
  2. Outlander
  3. Room (sepertinya typo karena riddle-nya tertulis 1 huruf, mungkin maksudnya 1 kata)
  4. Gone Girl
  5. Incarceron

SEE THE CORGI

Corgi apaan? Nama anjing? (A.S. Dewi, 2015).

Saya juga nanya hal yang sama, sih. :D
Hasil googling :
Welsh Corgi Pembroke adalah salah satu ras anjing yang bertubuh pendek dari daerah barat Wales. 

Okay. Jadi :
  1. Giver menyukai anjing Corgi.
  2. Giver menyukai Harry Potter.
  3. Giver menyukai teh, cokelat, dan coffee mix.
  4. Warna cokelat hijau benang sulam mungkin ada kaitanya dengan warna blog.

Hasil blogwalking, intip sana-sini, nanya-nanya juga bwahahak… akhirnya saya berkesimpulan bahwa Lina Riyanty adalah Giver sayaaaaa!!! *tebar confetti* :D :D :D


Terima kasih Lina untuk semua kirimannyaaa, saya suka saya suka saya suka. :D


Bagi yang ingin mengunjungi blog buku Lina, silakan menuju Lady Story Telling.

Dengan demikian, maka tuntas sudah tebak-tebakan Giver. Tinggal tebak-tebakan Target nih, bisa enggak ya dia nebak saya? Riddle-nya kan gampaaaang… :D


Salam Markituka.

post signature

Wednesday, December 2, 2015

Book Review : Lovely Complex



Judul : Lovely Complex (Love Com)
Bahasa : Indonesia
Penulis : Aya Nakahara
Jumlah seri : 17
Penerbit : Elex Media Komputindo
Diterbitkan pertama kali : 2007

Blurb :
Risa Koizumi is the tallest girl in class, and the last thing she wants is the humiliation of standing next to Atsushi Otoni, the shortest guy. Fate and the whole school have other ideas, and the two find themselves cast as the unwilling stars of a bizarre romantic comedy duo. Rather than bow to the inevitable, Risa and Atsushi join forces to pursue their true objects of affection. But in the quest for love, will their budding friendship become something more complex? (Goodreads)


Risa Koizumi adalah anak perempuan tertinggi di kelas, sedangkan Atsushi Otani adalah anak lelaki terpendek di kelas. Berdua mereka dijuluki sebagai All Hanshin Kyojin, pelawak Jepang yang terkenal karena satunya tinggi dan lainnya pendek. Hari-hari Koizumi dan Otani penuh dengan pertengkaran dan saling ejek. Sampai suatu ketika, demi melepaskan diri satu sama lain dari julukan All Hanshin Kyojin, Koizumi dan Otani memutuskan untuk mencari pacar. Dan untuk itu mereka harus saling membantu satu sama lain.

Iya, ini manga, komik Jepang, shoujo manga. Anak sekolahan banget ya? Hahaha… *singkirkan akte kelahiran*. But seriously, this is my MOST favorite manga. Saya membaca komik ini pertama kali tahun 2007 (tahun dimana sebetulnya secara umur masih unyu udah termasuk kategori calon mama muda, tapi bacaannya masih ginian XD). Saking jatuh hatinya sama serial ini, sampai bela-belain ngoleksi ketujuh belas serinya, yang akhirnya hilang keselip entah dimana dengan sukses waktu pindahan setelah menikah. :'( Udah kepingin banget baca lagi dan ngoleksi serinya lagi, tapi nggak tahu harus beli di mana. Sampai takdir mempertemukan saya dengan mbak Fatma, sesama member Blog Buku Indonesia (bedanya beliau rajin banget sedang saya males banget, silakan kunjungi situs beliau yaaa) yang dengan baik hatinya bersedia dititipin beli serial ini. Kebaikanmu kan kukenang selalu, Pat (udah disebut yaa, udah ada creditnya ituhh…:p).

Risa, yang tingginya menjulang untuk ukuran orang Jepang (172 cm), versus Otani yang tingginya di bawah rata-rata anak lelaki normal seusianya (159 cm). Demi lepas dari ejekan teman sekelas, mereka pun memutuskan mencari pacar. Risa ingin pacaran dengan anak lelaki yang tinggi yang membuatnya tidak tampak seperti cewek raksasa, sebaliknya Otani ingin pacaran dengan anak perempuan mungil yang membuatnya tidak tampak seperti cowok cebol. Untuk memperlancar misi tersebut, mereka saling mendukung dan membantu satu sama lain.

Tapi, hati memang tidak bisa diduga ya? :) 

Biarpun pendek, Otani punya banyak hal keren. Satu-persatu Risa mulai menemukan sisi lain Otani itu, sisi keren Otani yang melampaui tinggi badannya. Dan bisa ditebak, Risa akhirnya jatuh hati beneran. Hal yang semula dia kira mustahil dilakukannya dalam hidup. Perjalanan cinta Risa sejak mulai menyadari perasaan sukanya pada Otani (yang awalnya setengah mati dia sangkal sampai akhirnya memutuskan untuk mengakui perasaan itu dan berjuang), kemudian Otani yang setengah mati bebal, sama sekali nggak menyadari (walaupun tak sampai sebebal NozakiNozaki mah kelewat-lewat bebalnya, sampai volume 3 sih, belom baca lanjutannya :D) digambarkan dengan manis di komik ini.

Saya bilang manis di atas, beneran manis lho. Saya ikut tertawa bersama Risa, deg-degan, sedih….dan ikut jatuh cinta sama Otani. Yaaa.. habis Otani keren banget sih, menurut saya. Keren karena dia selalu ada untuk Risa dengan caranya sendiri, keren karena tegas dan jujur, walaupun radarnya rada soak bin bego untuk urusan asmara. Tapi bukannya rata-rata cowok memang begitu ya? Yang berurusan sama saya sih, memang begitu, bwahahaha…. *dikeplak misuwah*.

Jangan bayangkan ini shoujo manga yang menye-menye dan penuh airmata karena luka hati dan cinta yang tak sampai ya. Justru yang menambah manisnya komik ini, adalah unsur komedi yang menurut saya lumayan maksimal. Sering banget saya ngakak tiap baca Lovely Complex, seri berapapun deh perasaan. Walaupun ada cinta tak sampai, walaupun ada penolakan, saya merasa Risa nggak pernah terpuruk-puruk amat, pada akhirnya dia bertahan dan memukul balik Otani. 

Dan lagi, tokoh Risa ini sedikit banyak rasanya saya paham apa yang dia rasakan dan pikirkan. I'm a tall person, not as tall as Risa but taller than average girls in class at high school, and I knew how it felt to be out-of-cutest-girl-league. Dan kebetulan jugak mantan-nya Mr. Coffeholic juga jauh amir tipenya dari saya, ahahak… :D Tapi toh it works well, even when everyone doubt it. Buktinya sampai berbuntut dua pun kami baik-baik saja, ahahak… :D Saya rasa perjuangan Risa worth the price, Otani memang layak diperjuangkan. Biarpun kecil mungil, tapi keren. Bukan keren gaya dan tampang doang ya (buat saya gaya keren mah gak terlalu berguna), tapi dia keren karena sifat dan sikapnya. :)



Pertengkaran mereka yang mewarnai 17 seri, dalam sedih ataupun senang, saat bertepuk sebelah tangan atau berbalas, justru membuat saya yakin bahwa mereka berdua akan baik-baik saja. Bukankah hal terbaik dari menyukai seseorang adalah ketika kita bisa menjadi diri sendiri? Seperti kata Risa, "Asal ada cinta, semuanya akan baik-baik saja."

Thanks, Aya Nakahara for making this manga. Saya rekomendasikan komik ini buat kalian yang menyukai shoujo manga dengan cerita romance comedy, dan juga buat kalian yang masih galau bertanya-tanya, apakah mungkin orang yang punya tipe jauh berbeda bisa terhubung oleh takdir ;p. For this series, I gave 4 stars out of five. :)


post signature

Wednesday, August 26, 2015

Book Review : Urara


Judul : Urara
Bahasa : Indonesia
Penerbit : MNC
Tebal : 176 halaman
Diterbitkan pertama kali : 18 Februari 2015

Mine Sonoda adalah wanita berusia 29 tahun, menikah, dan berkarier mapan sebagai editor majalah fashion terkemuka di Tokyo. Sampai suatu hari ia mengalami goncangan dalam kehidupannya yang tenang: suaminya berselingkuh dan mereka pun bercerai. Mine Sonoda yang terguncang kemudian memutuskan untuk berlibur ke Pulau Urara, pulau kecil yang santai, hangat dan jauh dari hiruk pikuk kota besar. 
Di Urara, Mine tinggal di resort merangkap restoran milik sahabatnya. Dalam kesedihannya, Mine bertekad untuk tidak berhubungan dengan lelaki manapun. Namun takdir mempertemukannya dengan Ayuto Kubo dan Takuya Hamazaki, dua lelaki yang mengisi hari-hari Mine di Urara.

Sebenarnya sudah agak lama saya membeli komik ini, itu pun minus jilid 1 karena di Gramedia keburu habis. Jadi saya hanya memiliki buku 2, 3 dan 4. Mungkin itu sebabnya saya jadi malas-malasan waktu membaca komik ini pertama kali. Langsung baca mulai jilid 2 itu rasanya kok kaya ada sesuatu yang putus, nggak nyambung, nggak dapat feelingnya :D Yaa, karena itu tadi, tidak tahu isi jilid 1 nya. Saya berhenti di buku 2.
Tapi kemudian, entah bagaimana, saya mendapatkan hidayah untuk membaca kembali buku ini. Ok, I'll give it a try. Saya mencoba untuk re-read. Tanpa diduga, di momen kedua ini saya bisa menikmati Urara. Mungkin harus sesuai dengan mood kali ya, mood nya kemarin sedang pingin baca cinta monyet ala shoujo manga. Sedangkan Urara menurut saya tidak masuk ke dalam kategori shoujo, melainkan josei manga.
Josei manga, adalah manga dengan target pembaca wanita yang lebih dewasa dibandingkan shoujo manga. Karena perbedaan target pembaca itulah, Urara menuturkan tentang kisah yang menurut saya lebih realistis dibanding dengan cerita cinta full romantisme yang bikin deg-degan dan histeris kyaa! kyaa! seperti yang sering saya baca di komik-komik shoujo.

Mine Sonoda yang ibaratnya dalam posisi "hancur lebur" karena diselingkuhi dan bercerai dengan suaminya, memperoleh ketenangan dan kehangatan dalam kehidupan barunya di Urara yang jauh dari hiruk pikuk kota besar. Di Urara, Mine membangun kembali hidupnya. 

Walaupun bertekad untuk tidak berhubungan dengan pria, tapi kehadiran Ayuto Kubo (Ayu), putra kedua pemilik perusahaan pertanian di Urara dan Takuya Hamazaki, koki yang bekerja di restoran sahabatnya, mulai memasuki hati Mine. Ayu yang ramah dan ceria, terang-terangan mengungkapkan rasa sukanya pada Mine. Mine yang merasa nyaman dengan Ayu akhirnya pun mencoba kembali untuk menjalin hubungan. Walaupun Mine telah bersama dengan Ayu, namun ada bagian dari dirinya yang ia tidak mengerti, yang masih terus memikirkan Hamazaki, padahal Hamazaki sendiri sudah punya pacar.

Cerita cintanya sih sebenarnya biasa saja, bisa ditebak dan tema percintaan dua pria-satu wanita ini sudah sering diangkat. Yang menarik bagi saya justru perubahan diri Mine. Pergolakan yang dialaminya, pengalamannya dan hidup baru yang dijalaninya di Pulau Urara, kemudian orang-orang di sekitarnya, bersama dengan pertanyaan dan pemikiran Mine untuk dirinya sendiri, telah mengubah Mine yang terpuruk menjadi Mine yang baru dan berarti. Mine Sonoda pada akhirnya mengambil langkah berani, keluar dari zona nyaman kehidupan lamanya, dan memutuskan sesuatu yang sama sekali baru untuk hidupnya.

Pada akhirnya saya kagum pada keberanian dan kesungguhan Mine untuk menjalani hidup barunya. Melihat tekad Mine, orang-orang yang mendukungnya, Pulau Urara, dan tentu saja lelaki yang pada akhirnya dipilih Mine (hehehe... siapakah Mr. X ini silakan baca saja yaa.. ;)), saya merasa Mine pasti akan berhasil dan berbahagia. Ganbatte, Mine!

Untuk buku ini, saya memberi rating tiga setengah bintang. Buku ini direkomendasikan untuk anda yang ingin membaca manga dengan cerita yang lebih realistis dan dewasa, dibanding percintaan super romantis anak SMA. :)
 
post signature