Saturday, August 20, 2016

Book Review : Ensiklopedia Junior Transportasi



Judul : Ensiklopedia Junior Transportasi
Penyusun : Emilie Beaumont dan Marie-Renee Guilloret
Bahasa : Indonesia
Penerbit : Bhuana Ilmu Populer
Tebal : 125 halaman

Sudah lama saya ingin membuat review buku anak, terutama buku-buku yang dibaca oleh anak saya. Review kali ini adalah tentang Ensiklopedia Junior Transportasi, ensiklopedia pertama yang saya beli untuk anak saya dan karena ia suka maka saya kemudian memutuskan untuk mengoleksi berbagai seri ensiklopedia junior.

Ensiklopedia Junior Transportasi ini berisi tentang sejarah transportasi yang dibagi ke dalam tiga kelompok yaitu Transportasi Darat, Transportasi Laut dan Transportasi Udara. Setiap bagian menceritakan sejarah masing-masing jenis transportasi. Contohnya di bagian Transportasi Darat, diceritakan bagaimana manusia prasejarah mengangkut hewan-hewan hasil buruan dengan menjinjing atau memikil, kemudian menemukan cara untuk menggunakan tandu. Juga diceritakan bagaimana tradisi pengangkutan di berbagai belahan dunia. Penemuan roda pada tahun 3000 SM yang mengubah sejarah alat angkutan darat turut dijelaskan.



Salah satu halaman dalam bagian Transportasi Darat

Pada bagian Transportasi Darat ini, favorit anak saya adalah kereta. Berbagai jenis kereta yang ditunjukkan dalam gambar menarik minat anak saya, apalagi kereta adalah transportasi favoritnya untuk mudik. Anak saya jadi belajar tentang berbagai jenis cheroot di berbagai belahan dunia dari masa ke masa, sampai-sampai ia menggambar Shinkansen (kereta cepat Jepang) yang dibacanya di ensiklopedia ini :)

Berbagai jenis lokomotif listrik, salah satu halaman favorit anak saya :)


Shinkansen hasil gambar anak saya setelah membaca artikel tentang kereta tersebut


Pada bagian Transportasi Laut, diceritakan bagaimana pada zaman prasejarah manusia mulai membuat kapal-kapal pertama. Pengetahuan yang berkembang kemudian membuat manusia menemukan cara-cara yang mempermudah cara mereka bergerak dan mengangkut di perairan. Dibahas juga kapal-kapal khas berbagai bangsa yang terkenal pada masa kejayaannya, seperti kapal Pinisi, kapal perang Romawi, dan kapal Bangsa Viking. Saya pun jadi tahu jenis kapal yang dipakai oleh para penjelajah penemu benua seperti Christoper Columbus.

Kapal bangsa viking yang tersohor itu


Yang terakhir yaitu bagian Transportasi Udara juga menjelaskan dengan cukup detail tentang bagaimana manusia melakukan percobaan terbangnya yang pertama, sampai kemudian berhasil menerbangkan pesawat udara pertama, lalu pesawat jet. Berbagai jenis pesawat sampai roket dan ulang-alik dibahas di sini. Favorit anak saya adalah Concorde, yang katanya "Hidungnya bisa menunduk lho Bunda kalau dia mau mendarat."



Concorde dan "hidung"nya yang bisa naik dan turun :D

Di sini Indonesia muncul di bagian Transportasi Darat dengan ciri khas dengan ciri khas para perempuan membawa keranjang di atas kepala. Lumayan bangga karena berarti tradisinya diakui dunia ya :D Ada juga bagian tentang kapal pinisi, setahu saya kapal pinisi berasal dari Bugis tapi dalam ensiklopedia ini nama Bugis tidak disebutkan.

Secara umum ensiklopedia ini menurut saya bagus untuk dikoleksi anak, gambarnya bagus dan jelas, layoutnya juga mudah dibaca, tulisannya cukup besar. Detail penjelasan tidak terlalu rinci sehingga anak-anak mudah memahami karena bahasanya cukup sederhana. Apa yang dijelaskan dalam ensiklopedia ini juga bisa menjadi bahan diskusi orang tua dan anak. Intinya recommended lah. Empat bintang untuk Ensiklopedia Junior Transportasi. :)


post signature

8 comments:

  1. waaah aku mau cari ah, utk kado ultah anakku :).. buku2 yg bergambar gini yg biasa dia suka juga.. kmrn janji mau ksh kado ultah ke toko buku dan dia bebas milih buku apa aja.. moga2 bisa ketemu buku ini juga :)..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum lama ini kayanya masih ngelihat di Gramedia, semoga ketemu ya mbak :)

      Delete
  2. Wah bagus ya, saya jg mau ah beli buat jav

    ReplyDelete
  3. Bagus bukunya. Edukatif. Pengen punya juga buat anakku. TFS Mbak :D

    keluargahamsa(dot)com

    ReplyDelete